Tempat Wisata Bersejarah di Kabupaten Banyumas

A. Museum Wayang Sendangmas Banyumas
Terletak di Kec. Banyumas yang menyimpan berbagai koleksi wayang seperti : Wayang Gagrag Banyumasan, Pesisiran, Wayang Beber, Wayang Suket, Wayang Kancil, Wayang Golek, Wayang Gagrag Solo dan Yogyakarta. Disamping itu juga menyimpan berbagai benda purbakala.

B. Museum Bank Rakyak Indonesia (BRI)

Merupakan satu-satunya musium perbankan yang ada di Indonesia yang bercikal bakal di kota Purwokerto didirikan oleh Raden Aria Wiriaatmadja pada tahun 1895 dengan nama De Poerwokertoche Hu1p En Spaarbank Der Inlandche Bestuurs Ambtenaren. Musium ini sangat cocok untuk wisata pendidikan bagi pelajar yang mengadakan study tour. Terletak di jalan R.A. Wiriaatmadja Purwokerto.

C. Museum Panglima Besar Jendral Soedirman
Musium ini terdiri dari dua Iantai. Pada Iantai bawah berisi foto¬foto perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam merebut Yogyakarta kembali sebagai Ibu Kota Indonesia (pada saat itu) dari kolonial Belanda. Pada Iantai dua berisi relief sejarah bangsa Indonesia dalam Perang Kemerdekaan 1945 dan Patung Jenderal Soedirman duduk diatas punggung Kuda.

D. Museum Ki Diso (Museum Pribadi)
Berisi tentang koleksi benda-benda peninggalan sejarah purbakala. Lokasi museum terletak di jalan Dr. Angka Purwokerto.

E. Situs Lembu Ayu
Lokasi situs Lembu Ayu desa Susukan kecamatan Sumbang. Pada situs ini terdapat yoni dan arca nandi, serta beberapa fragmen batu candi. Di situs ini pula terdapat makam kuno yang oleh masyarakat disebut makam PandungAguno.

F. Masjid Agung Nur Sulaiman
Masjid Agung Nur Sulaiman ini merupakan masjid peninggalan Kyai Nurdaiman Demang Gumelem I yang menjadi da’i atau juru dakwah pertama kali ketika masjid ini didirikan.Masjid ini telah berusia Iebih dari 400 tahun dibangun pada masa pemerintahan Bupati Banyumas Yoedanegara II. Sampai sekarang masjid ini masih berdiri kokoh terbukti setiap hari dipakai sebagai sarana ibadah khususnya untuk sholat Jum’at. Lokasinya sangat strategis karena pada jaman dahulu untuk membangun suatu tempat selalu menggunakan perhitungan hari balk dan arah bangunan yang balk. Masjid Nur Sulaiman ini tepatnya berada di sebelah barat alun-alun Banyumas atau arah timur dari kota Purwokerto yang berjaraksekitar 15 km.

G. Masjid Saka Tunggal Cikakak
Terletak di Kecamatan Wangon berjarak 30 km arah barat daya kota Purwokerto. Masjid ini dibangun pada tahun 1871 M /1288 H dan hanya memiliki satu pilar utama penyangga. Disekitar masjid ini terdapat makam seorang penyebar agama Islam yang bernama Kyai Tulih. Di lokasi ini juga dihuni oleh kera-kera jinak yang dapat diajak bercengkrama dengan wisatawan.

H. Situs Sikepel
Terletak di Kec. Banyumas yang menyimpan berbagai koleksi wayang seperti : Wayang Gagrag Banyumasan, Pesisiran, Wayang Beber, Wayang Suket, Wayang Kancil, Wayang Golek, Wayang Gagrag Solo dan Yogyakarta. Disamping itu juga menyimpan berbagai benda purbakala.

I. Watu Kentheng/Watu Lumpang
Lokasi dukuh Wanasari desa Kemawi kecamatan Somagede (berada di kawasan hutan pinus daerah pegunungan). Ada kepercayaan bahwa apabila seseorang mempunyai suatu keinginan dan bisa mengangkat batu tersebut maka keinginan itu bisatercapai atau terkabul.

J. Situs Carangandul
Lokasi dukuh Carang desa Tamansari kecamatan Karanglewas (berada di tengah-tengah kebun). Menurut cerita situs tersebut merupakan bekas kepala patih Carangandul yang dibunuh oleh utusan dari Demak.

K. Pendopo Sipanji Banyumas dan Sumur Mas
Lokasi desa Sodagaran kecamatan Banyumas (satu lokasi dengan museum Wayang Sendangmas Banyumas). Merupakan pendopo kadipaten Banyumas (kabupaten Banyumas) sebelum pindah ke Purwokerto tahun 1937. Sumurmas airnya berwarna keemasan dan banyak diziarahi serta diambil airnya untuk obat kesembuhan.

L. Situs Baturragung
Lokasi desa Baseh kecamatan Kedungbanteng. Situs ini memperlihatkan ciri-ciri megalitik beberapa indikasi arkeologi yang dengan mudah dijumpai di dalamnya, antara lain berupa bangunan berundak (tiga undakan) dengan pagar keliling yang membatasi undakan, batu-batu tegak atau menhir yang berserakan disetiap undakan serta arca-arca batu dan lumpang batu.

sumber : http://pariwisata.banyumaskab.go.id

2 responses to “Tempat Wisata Bersejarah di Kabupaten Banyumas

  1. Dadi kangen karo kampung halaman !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s