Rover Mars Memperoleh Tambahan Tenaga Misterius

Para ilmuwan NASA dikejutkan oleh peristiwa aneh, yakni bertambahnya tenaga salah satu rover penjelajah Mars-nya secara misterius. Sepanjang malam, panel surya rover Opportunity memproduksi 2 hingga 5 persen tambahan tenaga.
Menurut dugaan ilmuwan-ilmuwan pengendali misi, penambahan tenaga itu disebabkan karena hilangnya debu yang selama ini menutupi panel surya. Hal tersebut akan meningkatkan efisiensi, dimana panel akan lebih banyak mengubah sinar matahari menjadi lstrik untuk memberi tenaga pada rover.
Salah satu kemungkinan, dikatakan NASA, adalah adanya badai –atau disebut �setan debu�– yang meniup debu-debu dari atas panel. Namun hingga saat ini para ahli mengatakan hanya ada dua atau tiga kemungkinan “pembersihan oleh debu” itu yang dialami Opportunity.
“Kita berasumsi saat ini rover itu bersih dari debu akibat terpaan badai,” kata Jim Erickson, manager proyek rover di Laboratorium Propulsi Jet (JPL) NASA di Pasadena. “Benar atau tidak, kita belum tahu, tapi yang jelas sepanjang malam panel surya menghasilkan dua hingga lima persen tambahan tenaga.”
Opportunity dan kembarannya, Spirit, mendarat di Planet Mars Januari lalu. Mereka berada dalam kondisi bagus dan masih bisa bertahan walau rencana semula hanya akan dipakai selama tiga bulan. Dalam misi perpanjangan, musim dingin Mars telah menurunkan kemampuan kedua rover untuk menghasilkan tenaga.
Saat mendarat di planet merah, rover-rover itu bisa menghasilkan tenaga 1.000 watt-hours tiap hari. Namun debu-debu yang makin menumpuk di panel surya serta arah Matahari yang berubah, membuat rover tidak lagi bisa memproduksi banyak energi. Akibatnya, aktivitas mereka pun menjadi lebih sedikit.
Opportunity saat ini memiliki sekitar 820 watt-hours tenaga. Sementara Spirit, yang berada pada posisi kurang menguntungkan terhadap sinar Matahari, hanya memiliki sekitar 350 hingga 400 watt-hours per harinya.
Walau telah berhasil menunaikan tugas utamanya mencari jejak-jejak air di Mars, para ilmuwan masih akan terus menggunakan kedua rover untuk meneliti planet tersebut. Saat ini Spirit tengah mendaki Bukit Columbia dan berada 60 meter lebih tinggi dibanding dataran Gusev Crater. Sedangkan Opportunity masih berusaha keluar dari Endurance Crater, kawah seluas stadion yang ditelitinya.

Sumber : Kompas (07 November 2004)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s